Cara Ampuh Membatasi Akses Flashdisk

Cara agar Komputer Aman dari Tukang Copy

Bagi anda yang risih dan galau, karena file pada komputer/laptop kita di copy oleh orang yang tidak kita inginkan. Ada baiknya anda membuat “Shortcut registry” yang membatasi dan memblok dukungan USB agar laptop kita terhindar dari marabahaya.
Registry atau mantra yang akan kita buat ini mempunyai fungsi , user nantinya hanya bisa memindahkan file data dari USB Drive (flashdisk/hdd eskternal) tanpa bisa memasukkan data dari komputer/laptop ke USB Drive.
Sebelum melakukan ritual cara membatasi akses flashdisk anda, backup dahulu registry sebagai cadangan pada satu folder dengan mantra registry yang kita buat nanti.

Bagaimana membuat Mantra Registry ?

  • Buka notepad, start->accessories->notepad,
  • Copy script di bawah ini.
  • [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced] "EncryptionContextMenu"=dword:00000001
    Cara Ampuh Membatasi Akses Flashdisk

  • Simpan nama file. Save as-> pada kolom bawah file name “Save As type “ganti Text Document(.txt) menjadi “All Files” “MantraBlok.reg” (tanpa tanda petik). Lalu simpan.
  • Cara Ampuh Membatasi Akses Flashdisk
    Tips: Simpan dalam folder pribadi anda
  • Setelah itu klik dua kali file registry yang kita buat tadi, pada windows 7 ke atas akan muncul prompt UAC (jika belum di matikan)pilih Continue.
  • Bila muncul bok konfirmasi ditampilan, pilih yes.
  • Maka file registry yang baru tadi akan digabungkan pada sistem registry utama. Sebuah konfirmasi biasanya tampil, klik Ok.
  • Restart komputer anda.
Setelah itu kita bisa mengetas mantra untuk cara membatasi akses flashdisk yang kita buat tadi. Lalu colokkan USB drive kita, coba copy file apapun dari komputer menuju USB Drive yang kita pasang. Apabila muncul notifikasi, dan file yang baru saja di tes, tidak masuk pada USB Drive berarti mantra sudah berhasil.
Baca juga : 3 Tips agar Flash Disk anda Awet

Tetapi bagaimana mengembalikannya?

Nah untuk mengembalikan menjadi fungsi semula, anda bisa restore dari backup registry awal yang sudah di buat tadi. Atau opsi lain, buat  Mantra Registry Pengembaliannya. Dengan langkah yang sama, pakai dengan script ini
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced]
"EncryptionContextMenu"=dword:00000000
Dan simpan dengan nama file yang berbeda contoh “AntiMantra.reg” (tanpa tanda petik).
Dengan cara tersebut anda tidak perlu kuatir terhadap data penting dalam komputer anda.

Cara lain untuk membatasi akses flashdisk

Cara Lain untuk membatasi flashdisk dengan software flasdisk write protect yang berfungsi sama seperti di atas, dapat anda unduh secara gratis disini.
Cara Ampuh Membatasi Akses Flashdisk
Tampilan USB WriteProtect
penggunaannya pun sangat mudah, tetapi mudah juga bagi tukang copy yang mengerti menggunakan program tersebut. namun semua tergantung anda berbagai macam cara membatasi akses flashdisk. tergantung anda memilih utak-atik registry ataupun menggunakan software.

Post a Comment

Komentar anda sangat beharga bagi kami