Cara Mudah Upgrade OS Android


Gaptek banget - Salam para gaptekers, kali ini saya akan mengulas bagaimana cara mudah os android  dalam ponsel anda.
Versi OS Android dalam sebuah smartphone  dapat di upgrade secara manual maupun secara otomatis. Kebanyakan ponsel Android secara pabrik telah dapat update Android ini secara otomatis, namun ada pula yang harus dikerjakan secara manual.
Tetapi dapat di ingat, bahwa tidak semua perangkat Android saat ini bisa di update, karena setiap ponsel memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan memiliki batasan tertentu dalam pengembangan versi lebih lanjut. Silahkan cek apakah ponsel Android anda mendukung untuk diterapkan Android update terbaru. Update biasanya dilakukan karena bosan dengan os Android yang sudah ada, dan juga ingin agar Game Android bisa berjalan lancar.
Selama proses update otomatis hal yang perlu di ingat adalah kondisi signal dan data harus stabil, jangan sampai terputus di tengah jalan, jika itu terjadi proses akan berhenti dan kemungkinan terburuk ponsel anda akan brick. Gaptekbanget merekomendasikan memakai jaringan wi-fi agar proses update otomatis berjalan dengan lancar, berikut penampakannya :

Cara upgrade OS Android secara Otomatis pada Samsung

Secara garis besar pada dasarnya upgrade os Android secara manual hanya perlu 3 langkah :

1.  Root Android

Root yaitu membuka pintu utama pembukaan sistem yang secara default sudah dikunci oleh pabrik. pada beberapa ponsel, ada yg harus unlock bootloader terlebih dahulu sebelum proses root. Seperti ponsel merk Htc, sony. Pada ponsel lokal bisanya lebih mudah. Seperti advan, evercoss.
Baca Juga : 6 Tips Pintar Memaksimalkan Android
Kenapa harus di root, agar kita memiliki Akses tak terbatas terhadap OS Android, dengan Root OS Android dapat menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak dibutuhkan, tetapi dengan ROOT Garansi ponsel Android akan hilang.

2.  Backup

Setelah proses root, lanjut proses backup. Backup os Android sangat penting bagi, apalagi bagi anda yang pertama kali upgrade os, buat jaga-jaga kemungkinan gagal upgrade os Android nantinya.
 
Backup pada perangkat Android anda sebelum menginstal custom ROM, atau modding custom os Android. proses backup yang mudah dengan menggunakan ClockWorkMod Recovery. Dengan ini dapat backup ROM, sehingga jika terjadi kesalahan saat mencoba untuk modding atau instal ROM baru ke dalam sistem, anda bisa merestore seperti sebelumnya

3. Proses Instal Firmware (ROM) Baru

Donwload dan pilih ROM, baik yang ROM firmware asli dari pabrik, maupun custom rom yang sudah banyak di share, anda bisa begabung di xda developer, dan pilih thread sesuai merk hp anda. Disana banyak sekali informasi, mulai dari aplikasi, custom rom dan stock rom, serta berbagai cara moding smarphone dijelaskan secara detail.

Begitulah dasar bagaimana cara mudah upgrade os android, untuk lebih jelasnya nanti akan Gaptekbanget ulas beberapa custom rom Android yang cocok buat smartphone anda

1 comment

Komentar anda sangat beharga bagi kami