5 Trik Gratis Optimalkan Kinerja Komputer Lama

5 Trik Gratis Optimalkan Kinerja Komputer Lama

Gaptek Banget – Setelah komputer berjuang untuk pekerjaan anda, sering kali anda merasa komputer pribadi maupun komputer sever kinerja menjadi melambat, sering crash, not responding dan yang paling membuat jengkel, waktu mekerjakan sesuatu tiba-tiba komputer hang atau restart dengan sendirinya. Nah saat itulah komputer anda perlu di resfresh dengan berbagai cara salah satunya anda bisa menggunakan cara  5 Trik Gratis Optimalkan Kinerja Komputer.

Jangan galau, jangan risau dan jangan pula update status dulu, tetapi lakukan perbaikan pada komputer anda. Berikut langkah-langkah gratis optimalkan kinerja komputer.

Pangkas Aplikasi Startup Anda

Optimalkan Startup

Kita coba langkah sederhana dahulu, mungkin dengan banyaknya aplikasi dalam komputer yang berjalan otomatis pada saat startup, memakan waktu yang lama untuk membukanya. Sehingga komputer menjadi melambat.
Anda bisa mengecek aplikasi apa saja yang berjalan otomatis saat start dengan membuka tab Startup Windows 8 Task Manager,atau dengan jalan pintas tekan pada keyboard, Lambang Windows + R, dan ketik “msconfig” tnpa petik. Nah setelah keluar window system configuration, pilih tab Startup, anda bisa memilih aplikasi apa saja yang berjalan saat startup, dan hilangkan centang pada aplikasi yang anda dirasa tidak perlu. Setelah itu coba restart komputer.

Pembersihan dengan Software 

Optimalkan Dengan Software
Jika mengurangi aplikasi startup tidak begitu maskimal, mungkin komputer anda terserang virus atau malware. Komputer yang terhubung dengan internet sangat rentan terserang virus atau malware, jadi ada baiknya anda menginstal antivirus yg terepercaya dan coba scan seluruh drive pada komputer, anda harus sabar pada proses ini.
Selanjutnya cek aplikasi-aplikasi yang terinstal dan buang / uninstall jika dirasa tidak perlu untuk optimalkan kinerja komputer.  jika anda masih menggunakan windows xp (seperti saya) coba defrag hardisk anda, hal ini bertujuan untuk menata ulang file-file yang tersimpan pada hardisk anda.

Pembersihan pada Hardware

Pembersihan selanjutnya pada hardware, komputer yang sering digunakan apalagi ditempatkan pada udara terbuka, pasti didalam cpu akan banyak debu-debu yang menempel pada board, hdd ataupun pada fan. Bersihkan menggunakan sikat halus atau jika ingin pembersihan sempurna, anda bisa menggunakan blower angin untuk menyemprot setiap bagian-bagian cpu. Saya sudah menggunakan ini dan terbukti ampuh untuk optimalkan kinerja komputer.
Tips. Jika ada waktu luang, anda bisa mencopot bagian-bagian dalam cpu komputer, dan smprot dengan Blower tadi, setelah itu gosok dengan lap halus.

Cara paling Dahsyat : Menginstal Ulang Windows

Tips Pamungkas instal Ulang Windows
Jika anda sudah kehabisan kesabaran, setelah melakukan trik-trik di atas serta berbagai optimasi untuk optimalkan kinerja komputer telah dilakukan. Install ulang windows menjadi obat paling manjur. Windows memang dikenal akan melambat setelah dipakai beberapa lama.
Tetapi ingta Back up semua data penting, simpan di tempat yang aman, bukan pada drive system yang nanti akan di format. Cek di My Document, serta hasil download anda yang belum di pindah. Dan backup juga aplikasi-aplikasi  serta driver tertentu yang sudah anda install.

Overclock Komputer anda

Ingin optimalkan kinerja komputer tanpa memebeli produk baru? Overclock komputer bisa menjadi solusi. Overclock bertujuan memaksimalkan kinerja (sedikit memaksa) hardware yaitu mempercepat kecepatan Prosessor, Ram dan juga Kartu grafis (GPU) yang memungkinkan komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya, efek jeleknya komputer menjadi lebih panas dari sebelumnya, karena itu perlu pendinginan yang lebih baik. Overclock seringkali membuat komputer rakitan anda menjadi rentan rusak jika tidak disetting dengan benar.  Anda bisa membaca tutorial overclock yang sesuai dengan spek komputer anda.
Pahami baik-baik tentang overclock, dampak dan setingan yang aman untuk komputer anda

Post a Comment

Komentar anda sangat beharga bagi kami