Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Virus

Cara Mencegah Penyebaran Virus - Virus secara garis besar merupakan program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Virus
Virus sering menyerang data penting anda

Virus komputer biasanya bersifat merusak, misalnya merusak data pada dokumen atau file penting, membuat pengguna komputer merasa dirugikan. Kebiasaan virus komputer seringkali membuat sistem komputer down, rusak dan secara tidak langsung akan mengancam hardware juga. Serangan virus dengan penyebaran yang cepat dapat di cegah dengan software Antivirus atau Anti-Malware yang tentunya selalu update untuk varian virus baru yang bermunculan tiap jam.
Baca juga :  Perbedaan Malware, Virus, Worm, Trojan, dan Spyware

Bagaimana mencegah penyebaran Virus?

Terdapat berbagai macam tindakan pencegahan penyebaran virus yang dapat dilakukan untuk membatasi ancaman-ancaman terhadap sistem kompuer anda, seperti dengan menghindari situs dan website bermasalah. Tetapi, terkadang kita juga harus membagi koneksi LAN (Local-area Network) jaringan karena sesuatu yang penting, sehingga jika ada virus di komputer itu maka akan ada kemungkinan komputer anda terserang juga.
Berikut langkah-langkah yang dapat diambil ketika komputer mulai terkena virus,:
  1. Putuskan sambungan fisik komputer anda dari internet atau jaringan network, baik wireless maupun melalui kabel.
  2. Copot Penyimpanan eksternal yang tertancap pada komputer, terutama flashdisk.
  3. Periksa Windows Task Manager (bagi pengguna windows, Ctrl+Alt+Del) apakah ada program asing yang berjalan, ketika anda temukan segera end prosess.
  4.  Segera pasang Antivirus atau Anti-Malware yang terpercaya, seperti Kaspersky atau yang gratis pakai Avast Free Antivirus atau Anti-Malware. Dan segera Full Scan.
Ketika suatu virus terdeteksi oleh software Antivirus atau Anti-Malware, kita tinggal menghapusnya dari program tersebut secara mudah. Hanya saat Full scan membutuhkan waktu tergantung penyebaran virus dalam komputer-laptop atau jaringan. 
Saat ini Software Antivirus atau Anti-Malware sudah banyak yang beredar di dunia maya, mereka menawarkan bermacam-macam fitur untuk memperoleh hati pengguna. Akan tetapi apa sebenarnya hal dasar yang software Antivirus atau Anti-Malware lakukan?. Untuk bisa di katakana yang terbaik sebagai software antivirus, aplikasi tersebut harus dapat melakukan dua fungsi, yang pertama mendeteksi virus dan yang kedua menghapusnya. Jika hal dasar itu tidak dapat dilakukan, fitur-fitur yang lainpun seakan tidak berguna lagi.

Antivirus seharusnya anda pakai

Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Virus
Selanjutnya GaptekBanget akan membandingkan beberapa software Antivirus atau Anti-Malware dengan kemampuan yang terbukti untuk menganalisa dan membasmi virus.

1.  Avast Free Antivirus atau Anti-Malware

Avast Free Antivirus termasuk software antivirus yang sangat ringan, tidak mengganggu performa komputer dan terbukti ampuh mengatasi ancaman virus dan malware, meskipun versi gratis tetap mampu menahan dan menangkal virus. Tampilan User Intrface yang simpel sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Dengan Fitur quick scanning ampuh untuk membasmi malware dan penyebaran virus dalam komputer anda. Tidak mengherankan jika antivirus ini sangat populer dan sampai saat ini sudah banyak digunakan banyak oleh 210 juta lebih pengguna.

2.     Bitdefender Antivirus

Sama halnya dengan Avast free antivirus, Bitdefender Antivirus merupakan antivirus yang ringan, proses setup ke komputer juga sangat cepat. Tetapi jangan di ragukan soal kualitasnya, Bitdefender termasuk pemain lawas dalam dunia antivirus. Terbukti dengan diperolehnya review rating yang tinggi dari taster Virus Lab ternama dunia.

3.    Smadav

Smadav merupakan karya anak bangsa yang sudah tidak asing lagi bagi kita, walau ringan dan kecil, tetapi performanya sangat bisa di andalkan, dan cocok di sandingkan dengan dua antivirus di atas. Perpaduan yang sempurna untuk menangkal serangan virus dan malware. Smadav cocok bagi pengguna pemula dengan pengoprasian yang sangat mudah, bahasa Indonesia yang muda di mengerti membuat antivirus ini banyak diminati pengguna pc. Kelebihannya lainnya yang tak kalah penting adalah mampu menangkal virus dari flashdisk, saat flashdisk tertancap di komputer maka Smadav akan otomatis menscan, memeriksa dan membunuh virus seketika sebelum menyebar di komputer, kelebihan lainnya jika registry terdapat kesalahan Smadav mampu memperbaikinya.
Cara Mencegah Penyebaran Virus Melalui Flashdisk khususnya Anda sebaiknya memasang antivirus. Kombinasikan Smadav dengan salahsatu antivirus diatas yang sudah terbukti ampuh untuk menjaga komputer anda.  | GaptekBanget.com

Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Virus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dzukronus Shofi

Komentar anda sangat beharga bagi kami