Perbedaan Malware, Virus, Worm, Trojan, dan Spyware

Perbedaan Malware, Virus, Worm, Trojan, dan Spyware - Banyak sekali pengalaman dari orang-orang yang komputer atau laptopnya terserang malware atau virus, yang mengakibatkan kerugian bahkan kehilangan dokumen-dokumen yang sangat berharga di dalam komputernya. Banyak orang awam yang menggunakan istilah ‘virus’ pada saat komputernya diserang oleh kode jahat. Berdasarkan definisinya, ketika kita membicarakan tentang kode jahat maka istilah yang digunakan adalah Malware – singkatan dari Malicious Software. Jika sudah berbicara tentang Malware, maka yang termasuk didalamnya adalah : Trojan, Worm, Spyware, Virus, Rootkit, Adware, Bots, Backdoor, Exploit dan lainnya.

Berikut ini adalah perbedaan Malware, Virus, Trojan, Worm, dan Spyware yang mungkin ada di dalam komputer kita :

- Malware
Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan yang tidak baik. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data, baik itu menghapus, menyembunyikan, dan mencuri data. Menghabiskan bandwidth dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.
Hasil penelitian awal dari Symantec yang diterbitkan tahun 2008 menyatakan bahwa kelajuan peluncuran kode yang berbahaya dan perangkat lunak lainnya yang tidak diinginkan, mungkin akan melebihi aplikasi perangkat lunak yang sah. Dan pada 29 Maret 2010, Symantec Corporation menetapkan Shaoxing, sebuah kota di Negara China sebagai ibu kota Malware sedunia.

Contoh Malware Yang Terdeteksi di Komputer
 - Virus
Virus adalah Malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan atau menjalankan dirinya yang biasanya tanpa disadari dari pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer, beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc atau folder yang bila diklik akan mengaktifkan si virus. 



- Worm
Worm adalah Malware yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Jika Worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer.
Beberapa contaoh dari Worm adalah sebagai berikut :
1.    ADMw0rm ; Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND) dengan melakukan buffer-overflow.
2.    Code Red ; Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Services (IIS) versi 4 dan versi 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
3.    LoveLetter ; Worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang terdapat dalam Address Book Microsoft Express dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript).

- Trojan
Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer yang ketika di install ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.

- Spyware
Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk melakukan aktivitas intelijen atau memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

trimakasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat 5 Cara Menghapus Malware Komputer Atau Laptop

Perbedaan Malware, Virus, Worm, Trojan, dan Spyware Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunkun sana

2 comments

terima kasih telah berbagi, tapi adakah cara yang efektif untuk mengamankan komputer kita dari virus atau malware?

Kalau semacam Keylogger itu termasuk apa coba?

Komentar anda sangat beharga bagi kami