3 Cara Agar Komputer Bebas Virus


[Internet Sehat]  Masih risau dengan virus dan malware di tahun 2013 ini? Boleh saja, asal diikuti dengan langkah-langkah preventif. User pada umumnya merasa terbebani jika harus bersikap waspada dan melakukan antisipasi pada virus. Padahal ada 3 langkah simpel yang bisa mulai diambil para user PC dan laptop agar perangkatnya bisa terbebas dari program berbahaya. Apa saja itu?
  1. Lakukan back up rutin
Pernah kehilangan data dan terpaksa mengulang kembali semua pekerjaan? Atau sedih karena album foto musnah terhapus virus? Itu tidak akan terjadi apabila Anda rajin melakukan back up atas data-data Anda. Cukup copy data ke flash disk, hard disk eksternal, komputer lain, maupun ke database onlie seperti Google Drive.  Lakukan back up secara rutin setiap kali menyimpan data baru. Dengan begitu Anda tidak perlu stress jika terserang virus atau komputer Anda hilang dicuri orang, sebab selalu ada data di tempat lain.
  1. Amati dulu sebelum mengklik
Banyak tawaran menarik berisi link untuk mengunduh sesuatu. Mulai dari foto selebriti, games gratis, ajakan mengikuti undian, dan banyak lagi. Waspadai semua itu, sebab biasanya berisi malware atau link yang akan membawa Anda ke web palsu yang akan mencuri data pribadi Anda. Jangan asal klik link tersebut. Cek siapa pengirimnya, kalaupun teman Anda, bisa jadi dia sendiri juga sudah terkena malware yang membuatnya menjadi penyebar link berisi malware juga.
  1. Usahakan selalu bersih
Kapan terakhir kali Anda membersihkan semua perangkat komputer Anda? Mulai dari monitor, keyboard, mouse, hingga kipas angin pendingin? Debu yang menumpuk pada perangkat keras bisa mempengaruhi kinerja komputer juga.  Jika itu terjadi, data Anda pun terancam terhapus. Carilah informasi mengenai bagaimana cara membersihkan perangkat Anda dengan benar tanpa merusaknya. Ada banyak tips tersebar di internet. Cukup dengan melakkukan bersih-bersih 3 bulan sekali, komputer Anda bisa bekerja dengan baik.
Selamat mencoba! [Internet Sehat]

sumber 

5 comments

Komentar anda sangat beharga bagi kami
  1. nice tips mas ..
    blogwalking , jngan lpa komen back yaa ...

    ReplyDelete
  2. mantapzzz gan....ane langsung coba nih.....

    mudah2an kmptr ane bersih dari viru2 nakal..hehehe

    ReplyDelete
  3. posting yang bermanfaat sob, virus memang menjengkelkan.

    ReplyDelete
  4. izin nyimak ya,,, jangan lupa kunbalnya di http://agung-empire.mywapblog.com

    ReplyDelete
  5. betul banget sob kadang virus bikin sedikit emosi ketika kompi lagi dibutuhin eh malah keserang virus...bikin kesel doank..semoga bermanfaat sob..

    ReplyDelete