5 Cara Agar Menjaga Keamanan Komputer

5 Cara Agar Menjaga Keamanan Komputer - Kali ini Gaptekbanget akan coba share 5 Cara Agar Menjaga Keamanan Komputer Cara ini berguna untuk anda pengguna komputer yang suka berinternet, cara ini menghindari dari virus atau sejenisnya.

Langsung saja 5 Cara Agar Menjaga Keamanan Komputer


Ada 5 Cara Agar Menjaga Keamanan Komputer

• 1. Gunakan AntiVirus
• 2. Update OS
• 3. Hati-hati saat Browsing
• 4. Selalu scan file yang di download
• 5. Hati-hati dengan E-Mail

-----------------------------------------------------------------------------------

• 1. Gunakan AntiVirus : Tentu saja ini yang paling penting dalam hal keamanan pada sebuah komputer. Anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus yang menyerang computer kita. Jika kita tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli antivirus yang asli, jangan gunakan antivirus bajakan, lebih baik gunakan antivirus yang free alias gratis. Antivirus yang gratis ini pun juga tidak kalah hebat dalam membasmi virus.

• 2. Update OS : Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. Semuanya baik itu Operating System-nya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna, pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya pada programmer yang berkata “Software saya sempurna dalam keamanan komputer”. Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update, Karena virus internet juga selalu update dan update. Oleh karena itu update-lah selalu operating system anda agar computer lebih terlindungi.

• 3. Hati-hati saat Browsing :
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dan sebagainya). Jika tidak mau terkena virus lebih baik anda tidak membuka situs tersebut, ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer. Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu sudah acuhkan saja. Cara terbaik mengatasi hal ini adalah berhati-hati dan selalu teliti.

• 4. Selalu scan file yang di download :
 Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya harus tetap anda scan menggunakan antivirus. Contohnya setelah anda mendownload E-Book gratis, apa anda yakin E-Book itu benar-benar bebas dari virus. Atau saat mendapatkan script gratis apa benar script itu benar-benar aman.

• 5. Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui e-mail.
 Apalagi jika mendapat e-mail yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah lagi E-mail itu dikirim oleh orang asing, bisa-bisa virus dari E-mail itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”. Gimana nggak bertambah, jika semua file di harddisk kita telah dihapus oleh virus itu. Oleh sebab itu selalu waspadalah terhadap E-mail yang kita terima.

Post a Comment

Komentar anda sangat beharga bagi kami