Cara Backup Data Tanpa Booting Dari Windows



Cara Backup Data Tanpa Booting Dari Windows? Apakah memungkinkan ? Secara umum membackup data komputer paling umum dilakukan dengan menggunakan fasilitas windows. Ternyata cara backup windows juga bisa dilakukan tanpa harus booting sampai ke desktop. Tips-trik komputer inilah yang akan kita bahas kali ini. Pada artikel sebelumnya telah saya bahas Memperbaiki Boot Loader Pada Sistem Operasi Windows 7.
Sebelum lanjut kita harus paham benar, apa sebenarnya yang dimaksud dengan membackup data komputer? Secara umum artinya kita menyimpan data cadangan komputer sehingga ketika suatu waktu komputer bermasalah maka kita mempunyai data cadangan tanpa kehilangan file pekerjaan dan data penting lainnya.
Cara backup data komputer ini ada beberapa jalan mulai dari cara manual dengan cara mengcopy setiap data yang ada di komputer, cara terjadwal menggunakan perangkat lunak tertentu dan seterusnya. Cara backup data komputer mana yang anda pilih adalah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Cara Backup Data Tanpa Booting Dari Windows

Pada artikel ini saya akan perlihatkan cara membackup data dari komputer tanpa harus booting ke desktop windows.
Langkah
1: Hidupkan komputer dan sambil booting tekan F8 dan pada jendela yang muncul silahkan pilih Repair Your Computer dibawah jendela Advanced Boot Options. Jika anda tidak dapat menemukan “Repair Your Computer” dibawah Advanced Boot Options anda memerlukan DVD installation dan lakukan seolah-olah akan melakukan install ulang.
 Langkah 2: Jika menggunakan DVD instalation silahkan tekan sembarang tombol jika pesan seperti dibawah ini muncul. Setelah itu Windows akan memulai loading files dari DVD dan anda akan melihat pesan “Windows is loading files”.
Langkah 3: Tunggu sampai jendela di bawah ini muncul, dan langsung pilih tombol [Next] untuk melanjutkan.
Selanjutnya akan muncul jendela di bawah ini:
Klik tombol [Next] pada gambar pertama diatas dan masukkan password dan lanjut ke langkah 5.
Langkah 4: Pada jundela di bawah ini, anda akan melihat tombol [Install]. Cara backup data selanjutnya adalah silahkan klik [ Repair your computer] lalu pada jendela berikut silahkan pilih lagi operating system, lalu klik [Next] untuk melihat pilihan recovery tools.
Langkah 5: pada jendela ini pilihan System Recovery Options.
Langkah 6: klik pada Command Prompt. Kita tidak akan menggunakan command line sebagai cara backup data tetapi kita hanya menggunakan Command Prompt untuk menjalankan aplikasi saja.
Pada jendela seperti di atas, ketik Notepad.exe dan tekan [Enter] untuk menjalankan Notepad application. Setelah Noped dijalankan klik pada File > Save As untuk menjalankan kotak dialog [Save As].
Langkah 7: Klik icon Computer pada panel kiri lalu cari drive ata folder yang ingin anda backup dan kemudian copy file-filenya ke USB drive. Itu saja!
Tunggu sampai proses copy selesai dan cara backup data tanpa booting windows berhasil anda lakukan.

Cara Backup Data Tanpa Booting Dari Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunkun sana

2 comments

terima kasih info nya jangan lupa kunjungi website kami http://www.motogp.unsri.ac.id

iya gan sama-sama kalo ane sempet ane kunjungin blog ente..
salam gaptekbanget

Komentar anda sangat beharga bagi kami