Tips Mudah Hubungkan Flashdisk Ke Perangkat Android

Hubungkan Flashdisk Ke Perangkat Android dengan USB-OTG

Jika anda merasa memori penyimpanan di hp Android Anda tidak cukup untuk menampung file pribadi, musik, aplikasi dan game serta dokumen penting yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Mungkin sbagian besar akan ,memilih membeli memory external dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi. Tetapi disaat-saat penting ketika data dalam hp android perlu di gunakan pada perangkat lain, dan yang membuat ribet, perlu kabel usb untung menyambungkan ke laptop/komputer, mengaktifkan mode penyimpanan pada hp android dan ini membutuhkan waktu tersendiri.
Ada cara bagus untuk menghubungkan langsung flashdisk ke perangkat android anda, yaitu menggunakan USB-OTG.

Apakah itu USB OTG?

OTG adalah singkatan dari "On-The-Go" yang memudahkan kita menghubungkan flashdisk langsung ke perangkat android dengan menggunakan kabel USB OTG. Berikut penampakannya :
USB-On The Go memungkinkan perangkat Android membaca isi flashdisk, memindah dan memasukkan data yang memudahkan anda menyalin hal penting pada perangkat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tips Mudah Hubungkan Flashdisk Ke Perangkat Android

Hal yang Akan Anda Perlukan

> Jika Ingin menghubungkan flashdisk ke perangkat Android Anda, yang pasti Anda harus menyiapkan kabel OTG, anda bisa membelinya di konter-konter ponsel.
> Pasang aplikasi manajemen file pada perangkat android anda
> Flashdisk dengan format FAT32. Anda bisa format dahulu flashdisk melalui laptop atau komputer.

Cara Menghubungkan Flashdisk ke perangkat / hp Android Dengan USB-OTG

  • Carannya sangat sederhana, Siapkan flashdisk anda,
  • Hubungkan hp android dengan flashdisk, microUSB pada perangkat android dan ujungnya dengan flaskdisk anda, Cuma itu saja.
  • Ketika sudah terhubung, cek notifikasi pada perangkat android untuk konfirmasi. atau anda bisa masuk ke Setting-->Storage untuk memastikan flashdisk sudah terbaca. Jika belum terbaca, tekan pilihan Mount USB storage pada tab USB Storage.

Setelah dipasang, penyimpanan tambahan dari flashdisk dapat diakses menggunakan aplikasi manajemen file yang di instal tadi, anda dapat langsung memindah atau menyalin data pilihan anda.

Trouble saat Mendeteksi Flashdisk

Sebagian besar perangkat android mampu untuk membaca flashdisk dengan kabel USB-OTG, tetapi jika tidak terbaca anda bisa menggunakan aplikasi StickMount yang bisa anda unduh di Google Play / Playstore. Dngan syarat ponsel atau perangkat android anda harus pada posisi root.
StickMount akan mendeteksi perangkat USB / flashdisk yang terhubung dengan USB-OTG  dan me-mount flashdisk ke perangkat android. Dari sini, Anda dapat menelusuri isi flashdisk menggunakan ES File Explorer atau aplikasi manajemen file lainnya.

Itulah Tips mudah hubungkan flashdisk ke perangkat Android, sebenarnya masih banyak perangkat yang bisa di hubungkan menggunakan USB-OTG, seperti Kamera DSLR, Mouse, Keyboard yang semua dapat di kontrol langsung dari perangkat android anda.

1 comment

Komentar anda sangat beharga bagi kami
  1. itu bisa Untuk Headset yang Pakai USB ga kak ?? mohon penjelasanya

    ReplyDelete