Tips Merawat Baterai Laptop


Tips Merawat Baterai LaptopTips Merawat Baterai Laptop - Setiap orang pasti menginginkan agar barang yang dimilikinya awet atau tahan lama. Begitu juga ketika kita mempunyai laptop, salah satu komponen penting yang harus kita jaga adalah baterai nya. Walaupun sebenarnya tidak mungkin baterai laptop akan berfungsi selamanya dan cepat atau lambat baterai akhirnya akan rusak, tetapi alangkah baiknya jika baterai laptop bisa berumur panjang. Untuk itu perlu perawatan yang tepat agar baterai bisa tahan lama. jika tidak dirawat biasanya baterai sering terjadi Consider Replacing Your Battery jika sudah sepeti itu membutuhkan penanganan khusus.

Merawat Baterai Laptop
Merawat Baterai Laptop
Berikut adalah tips merawat baterai laptop agar awet dan lebih tahan lama :

-Sebaiknya jangan mencharge baterai terlalu lama, terkadang kita lupa bahwa baterai mempunyai limit pengisian, seperti hal nya perut kita yang sudah kekenyangan, jangan menambah daya listrik lagi ke baterai, hal ini akan menyebabkan baterai menjadi cepat rusak karena kelebihan kapasitas. Segera matikan supply listrik ke baterai jika indicator di baterai sudah menunjukakan tanda full.

-Jangan pernah lepas baterai. Hal ini dapat meyebabkan kerusakan laptop jika aliran listrik tiba-tiba padam. Apabila ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, sebaiknya menggunakan Cooling Fan sehingga ada sirkulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat laptop.

- Atur setelan penggunaan daya baterai di mode normal, hal ini untuk memperpanjang usia baterai itu sendiri. Terkadang kita mengatur kecerahan layar monitor secara berlebihan, hal ini otomatis akan memperberat kinerja baterai

- Hindarilah suhu ekstrim, hal ini sangatlah penting karena baterai laptop sangat sensitif dengan perubahan suhu. Maka hindari suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya. Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan didalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi yang cukup saat digunakan. Selain itu, hndari menyimpan laptop di kasur, karpet, dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan laptop tidak dapat diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.

- Jangan biarkan baterai sampai kosong. Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai, sel-sel baterai akan cepat lemah jika kita sering memakainya hingga dalam keadaan nol persen.
- Lepaskan baterai jika ingin menyimpan laptop dalam waktu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi baterai dengan komponen pada laptop. Sebelum melepas baterai, usahakan daya baterai tinggal setengahnya atau 50 persen. Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering.

- Hindari multitasking yang berlebihan. Memberikan perintah berlebihan pada laptop akan membuat baterai laptop cepat habis. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan. Lakukan proses pada aplikasi yang kita butuhkan saja.

- Lakukan defrag hard disk secara rutin, dengan melakukan hal tersebut maka kinerja hard disk akan lebih baik dan otomatis mengurangi beban penggunaan baterai.

- Semakin besar RAM maka semakin irit penggunaan baterai, karena performa laptop akan lebih ringan dengan RAM yang besar, dengan begitu baterai juga berkurang beban penggunaannya.

Hal-hal tersebut diatas adalah beberapa upaya untuk memperpanjang usia baterai, memang baterai laptop pasti akan habis masa pakainya setelah beberapa tahun, namun kita juga perlu mensiasatinya agar tidak terlalu cepat rusak, karena harga baterai laptop juga tidak murah. Sekiranya tulisan ini dapat membantu saudara-saudara sekalian untuk memperpanjang usia baterai laptop.
Dengan menggunakan laptop dengan normal dan cara pengisian baterai yang sesuai, membuat umur baterai laptop anda tahan lama

2 comments

Komentar anda sangat beharga bagi kami
  1. thanks share nya gan..mampir sini ya http://teknisiku.com/

    ReplyDelete
  2. Wahh bruntungnya nyasar kesini
    artikel yg berguna nehh
    Mayan nambah wawasan
    Buat admin: Makasih

    ReplyDelete