Jenis jenis Memori pada Komputer

Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan berbagai subtipe .Memori ini dikategorikan tergantung pada tugasnya masing masing didalam sistem komputer. Namun, dalam artikel ini kita akan bahas bebrapa jenis memori komputer yang paling mendasar.

Memori adalah salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer, baik itu komputer laptop atau PC. Ada berbagai jenis memori komputer yang bisa dipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistim komputer.
Memori berhubungan dengan banyak komponen yang bertugas untuk menyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi atau data di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan apapun yang diperlukan untuk diambil dan diproses.
  
Ada berbagai jenis memori di komputer yang ditujukan untuk tugas menyimpan dari beberapa macam data. Masing-masing memiliki kapasitas dan ciri khas tertentu.


Random Access Memory (RAM)
Jenis jenis Memori pada KomputerRAM adalah memori dalam sistem komputer yang berguna untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk. Informasi yang disimpan dalam RAM diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang berhubungan dengan sistem operasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya  dipertahankan disaat komputer sedang berjalan.

Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akan semakin lambat. Data yang dapat diambil dalam urutan yang acak.
Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Ketika banyak program pada komputer yang dijalankan secara bersamaan, virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bagian memori  RAM yang belum digunakan terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakan seperti ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untuk menjalankan program yang berbeda.

Read Only Memory (ROM)
ROM adalah Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan atau dimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak dapat dirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogram dengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melaksanakan fungsi normal.

Cache
Cache adalah jenis RAM pada sistem komputer yang lebih responsif daripada RAM biasa. CPU akan memeriksa dulu didalam memori cache sebelum mencari di penyimpanan pada memori pusat untuk menentukan suatu informasi yang diperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari informasi pada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebih cepat.

Hardisk
Hardisk/ Hardrive  adalah hardware yang berguna sebagai tempat penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakan memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB.

Flash Disk
Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakan dengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer.

Diatas adalah beberapa jenis memori yang secara umum digunakan untuk memfasilitasi komputer dan tempat penyimpanan data. Namun masih banyak subtipe dari jenis jenis memori yang jika diurutkan akan sesuai dengan fungsi dan persyaratan yang dilayani. sumber

10 comments

Komentar anda sangat beharga bagi kami